Apakah DLMM (Dual Linear Mega Match) legal dan tidak cacat moral?

Ketika DLMM lahir sebagai kritik atas sistem MLM yang tidak fair, legalitas sudah pasti menjadi konsekwensi logis yang harus terkandung di dalamnya. DLMM mau bersifat lebih fair – untuk menghindari penggunaan kata “lebih legal” – ketimbang sistem yang dikritiknya. Bagi DLMM, sistem yang fair tidak saja berhenti pada statement : “bonus downline bisa lebih besar dari bonus upline”, namun juga menuntut sikap fair dan terbuka dari perusahaan penyelenggara dalam memberikan kompensasi bagi para membernya.

DLMM di Indonesia – lewat perusahaan penyelenggaranya : SYNERGY WORLDWIDE – telah mendapatkan legalitas dengan mengantongi Ijin Usaha Penjualan Berjenjang (IUPB) dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri dengan nomor : 12/PDN/IUPB/III/2004 yang diterbitkan 9 Maret 2004. Di samping itu, APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia) telah menguji aspek legalitas sistem DLMM. Hasilnya,
DUAL LINEAR MEGA MATCH : Revisi Revolusioner Kelemahan MLM

Peperangan dua kutub antara MLM dan Money Game selama ini bak buah simalakama bagi masyarakat yang ingin mencari bisnis sampingan. Bisnis MLM bagi kebanyakan orang sudah bukan lagi solusi hidup, malah sebagian menganggapnya sebagai beban. Di lain pihak, Money Game beserta turunannya seperti : arisan berantai, sistem binnary dan skema piramida, walau lahir karena ingin mengatasi kelemahan MLM, malah tersandung oleh prinsip-prinsip moral dan legalitas. Di persimpangan inilah Dual Linear Mega Match datang mendamaikan.

Perbandingan MLM

MLM

Money Game (Binnary)

Dual Linear Mega Match

Legal (sertifikat APLI)

Ilegal

Legal

Pertumbuhan bonus lambat

Pertumbuhan bonus cepat

Pertumbuhan bonus cepat

Ada aliran produk

Tidak ada aliran produk

Ada aliran produk

Tidak mungkin berbonus jika hanya satu kaki

Tidak mungkin berbonus jika hanya satu kaki

Potensi bonus max. 40 jt jika hanya memiliki satu kaki

Sistem matahari dengan banyak kaki

Sistem dua kaki

Sistem dua kaki

Adanya sistem breakaway (bonus yang nol saat peringkat sama dengan frontline)

Tidak ada

Tidak ada

Adanya pembatasan level bonus (cut off system)

Tidak ada

Tidak ada (Infinity Level Depth)

Tidak menggunakan sistem spill over (pelimpahan downline)

Ada spill over

Ada spill over

Banyak komponen bonus putus

Tidak ada

Semua komponen bonus berupa uang, bukan berupa barang yang sekali terima

Tidak ada sistem akumulasi ketika perhitungan kaki besar-kecil

Point terakumulasi saat penghitungan bonus yang menggunakan sistem pembedaan kaki besar-kecil

Marketing Plan
Apa bedanya antara MLM dan Dual Linear Mega Match ?

Dual Linear Mega Match (DLMM) tidak mengenal sistem breakaway dan cut off level dalam rencana pemasarannya. Dua hal itu adalah ciri khas yang pasti ada selama ini di semua MLM.

Mengapa DLMM disebut sistem kompensasi yang revolusioner?

Karena selama ini tidak ada perusahaan MLM yang meniadakan sistem breakaway dan sistem cut off level. Lebih revolusioner lagi, karena DLMM mematok model pengembangan jaringannya dengan dua kaki (dua jaringan utama). Lebih revolusioner lagi karena DLMM dapat memberikan potensi bonus hingga 40 juta ketika seseorang member hanya memiliki satu kaki.

Apakah DLMM merupakan rencana kompensasi resmi perusahaan?

Ya. Tidak seperti yang terjadi di berbagai bisnis serupa dimana terjadi bias (pemelintiran) atau modifikasi sistem perusahaan oleh sebuah grup member / distributor (yang kerap menyebut diri support system), DLMM adalah rencana kompensasi yang resmi dari perusahaan.

Tapi, apakah di DLMM bonus downline mungkin lebih besar dari bonus upline?

YA! Hal itu adalah ciri khas sebuah sistem yang legal (bukan money game atau pyramid scheme). DLMM adalah sistem yang legal dan sudah lolos uji. Kini SYNERGYWORLDWIDE telah terdaftar di APLI. Bahkan Bp. Helmy Attaminy – ketua APLI – sempat menjabat sebagai direktur PT. ENESPI ALAM INDO, Kantor Cabang SYNERGY WORLD WIDE di Indonesia.

Mengapa di DLMM tidak ada jenis bonus seperti : mobil mewah, rumah mewah, tur ke luar negeri dan sebagainya?

Intinya adalah uang. DLMM tidak mengkonversi bentuk intinya ke bentuk lain seperti disebut di atas. Semua diserahkan kembali kepada distributor/member untuk menggunakan hasil kerjanya sesuai dengan apa yang saat itu dibutuhkan. Selain itu, bonus dalam bentuk barang umumnya merupakan bonus yang sifatnya temporary, atau sebutlah bonus putus. Yaitu biasanya diberikan hanya dalam kurun waktu tertentu atau bahkan hanya sekali. Sehingga, hak bonus seseorang yang sebutlah menerima mobil mewah sebenarnya masih ada walau mobil telah ia terima. Tapi sistem bonus macam itu tidak akan memberikan mobil lagi ke depannya.

Mengapa di DLMM tidak mengenal sistem break?

DLMM tidak mengenal adanya peringkat dengan hak-hak bonus tertentu. Praktis seluruh distributor memiliki hak terhadap seluruh komponen bonus. Sistem break selalu memiliki masalah ketika peringkat kita persis sama dengan peringkat frontline (downline tepat langsung) kita. Tidak ada selisih lagi antara kita dan jaringan di bawah kita. Hingga bonus adalah nol.

Maksudnya? Bonus paling potensial di DLMM adalah Matching bonus. Bonus ini berhak di raih seorang yang baru saja bergabung atau seorang presidential executive sekalipun. Sehingga bonus seseorang memang tidak ditentukan peringkat. Pemeringkatan dibuat hanya untuk manajemen jaringan, bukan untuk pembedaan hak bonus.

Kalau saya gabung 3 TC, apakah tiap bulan saya harus autoship 150 cv?

Tidak. Pada bulan-bulan berikut setelah masa pendaftaran Anda, Anda cukup autoship (tupo) sebesar 40 cv dengan potensi bonus senilai 150 cv. Jadi seorang yang join 50 cv dan seorang yang join 150 cv memiliki kewajiban yang sama dalam hal autoship yaitu 40 cv namun berbeda dalam hak bonus.

Bagaimana mungkin seorang dengan satu kaki bisa berbonus hingga 40 juta?

Hal ini dikarenakan komponen bonus yang disebut Matching bonus, yang besarnya 100% basic bonus orang yang kita sponsori langsung (rekut langsung). Seandainya Anda merekut tiga orang lalu menyusunnya persis berurutan ke bawah, lalu masing masing memiliki basic bonus Rp. 100.000, ya berarti bonus Anda adalah Rp. 100.000 + Rp. 100.000 + Rp. 100.000 = Rp. 300.000 tanpa harus memiliki kaki lain di luar ketiga orang ini.

Fairkah itu?

Ya tentu fair. Berarti kita dihargai karena telah merekut orang yang potensial. Fair, karena jenis bonus ini dibatasi jika seseorang hanya memiliki satu kaki.

Berapa jumlah maksimum orang yang bisa saya rekut untuk mendapatkan Matching Bonus?

Tak terbatas. Sebanyak-banyaknya. Semakin banyak orang yang Anda rekut, potensi Matching Bonus Anda akan semakin besar. Dengan demikian bonus ini akan bernilai tak terbatas.

Apakah SYNERGY memiliki pabrik sendiri?

Ya! Karena SYNERGY adalah perusahaan di bawah naungan Nature’s Sunshine Product (NSP) yang memang secara konvensional telah memasarkan produk herbal sejak 1972. SYNERGY tidak memasarkan produk lain di luar produk NSP.

Dimanakah Saya bisa mendapatkan produk Synergy?

Produk bisa didapat pada SSP (System Stock Point) yang tersebar di kota-kota di Indonesia. Atau Anda bisa memesannya lewat kami (lihat cara mendapatkan produk). Bebas ongkos kirim.

Bagaimana hubungan antara SYNERGY dan Nature’s Sunshine Product (NSP)?

Pada awalnya, tahun 1999, SYNERGY memulai bisnis network marketing dengan membuka pasar di Jepang, dan memasarkan produk-produk NSP. Jepang – negara yang dikenal sebagai daerah yang selama ini sulit ditembus oleh perusahaan Network Marketing – ternyata memberikan efek perkembangan yang dasyat bagi SYNERGY, bahkan kemudian SYNERGY melakukan ekspansi ke Taiwan. Pada tahun 2000, D&B Entrepreneur Magazine – majalah bisnis terkemuka di Amerika – menempatkan SYNERGY di urutan 8 perusahaan baru yang memiliki tingkat pertumbuhan paling cepat di Amerika, di antara 100 perusahaan lainnya. Menariknya, pada saat itu SYNERGY sama sekali belum pernah melakukan kegiatan bisnisnya di Amerika.

Tahun yang sama, SYNERGY di akuisisi oleh NSP. NSP melihat efek peningkatan yang drastis dari penjualan produk mereka semenjak SYNERGY ikut memasarkannya secara network marketing. Semenjak itulah, Synergy – NSP bersatu, dan dianggap sebagai NEXT GIANT NETWORK MARKETING oleh berbagai media di Amerika. Tidak lain karena berhasil memadukan dua kekuatan utama : produk dan sistem network marketing yang powerfull.

Apa bedanya antara MLM dan Dual Linear Mega Match ?

Dual Linear Mega Match (DLMM) tidak mengenal sistem breakaway dan cut off level dalam rencana pemasarannya. Dua hal itu adalah ciri khas yang pasti ada selama ini di semua MLM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s